TIPS LULUS TES MASUK IPDN

Selamat sore...Saat ini saya ingin membagikan pengalaman saya ataupun tips untuk LULUS TES MASUK IPDN... Saya adalah praja IPDN yang masuk pada tahun 2018 dan itu adalah tahun pertama saya tes masuk IPDN dan syukur saya langsung lulus di tahun pertama tes tersebut... Saya ingin sedikit bercerita...Jadi saya dulu waktu SMA saya adalah seorang pramuka, jadi sudah sedikit terbiasa dengan disiplin, mental, baris - berbasi dan lainnya... Awalnya saya ingin masuk IPDN karena Ayah saya yang memperkenalkan IPDN pada saya..Dan saya mulai mencari informasi mengenai sekolah kedinasan ini di internet dan saya sudah mulai mempersiapkan diri saya...Mulai Desember 2017 saya sudah mulai lebih fokus dalam latihan kesamaptaan karena saya rasa pada waktu itu saya masih banyak kekurangan di fisik...Berat badan saya cuma 48 kg dan tinggi kalo tidak salah 174 pada waktu itu..Dan saya mulai latihan teruss sampai pada awal januari 2018 di sekolah saya sudah mulai simulasi - simulasi ujian tapi saya tetap lebih fokus untuk belajar mengenai tes masuk IPDN ini... Saya memang ingin sekali masuk IPDN hingga saya serius untuk berlatih... Dan tespun dimulai..
1. TES ADMINISTRASI
Saya mulai mempersiapkan berkas - berkas saya dan mulai belajar - belajar untuk persiapan tes TKD (TES KOMPETENSI DASAR)...Dan pada saat sudah buka untuk Adminstrasi saya dan Ayah saya sudah mulai mengurusnya dan ternyata saya mendapat masalah di kartu keluarga saya yang ternyata belum tervalidasi di dukcapil pada waktu itu..Saya terus berdoa karena saya percaya itu adalah salah satu bentuk ujian dari Tuhan yang mungkin ingin mengetes kesabaran saya apakah saya frustrasi dan akan melakukan dosa atau bagaimana....Dan akhrinya dengan perjuangan saya dan ayah saya balik -balik ke dukcapil hingga tervalidasi dan saya pun dapat mendaftar di portal seleksi ipdn www.spcp.ipdn.ac.id. Tips pada tes ini adalah persiapkan jauh - jauh hari berkas- berkas yang akan digunakan dan cek di dukcapil apakah berkas - berkas seperti kartu keluarga sudah benar dan sekalian diperbarui kartu keluarganya..
2. TES KOMPETENSI DASAR (TKD)
Pada Tes ini awalnya saya gagal,...cerita singkatnya adalah saya kurang di nilai TWK dan saya rasa penyebab saya gagal pada saat itu karena saya pada waktu itu egois belajar sendiri padahal ada beberapa teman saya yang ingin belajar bersama..Tapi saya berdoa untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi dan akhirnya diberikan kesempatan oleh Tuhan dan akhirnya saya dapat lolos dengan afirmasi tkd walaupun saya mendapat ranking terakhir waktu itu...Tips yang saya ingin berikan adalah belajar banyak cari referensi di buku-buku di toko buku seperti gramedia,di internet, dan cari berkomunikasi dengan orang -orang yang sudah pengalaman tes ataupun purna praja....Dan jangan sombong ataupun egois atau ingin menang sendiri dan menjatuhkan orang lain..jangan lakukan itu...
3. TES KESEHATAN
Tipsnya adalah jaga kesehatan..makan - makanan bergizi dan hindari makanan yang tidak sehat....minum susu tiap malam, olahraga teratur...menurut saya yang bagus itu olahraga di pantai pada pagi hari, jogging tiap hari, push up dsb...Cek kesehatan di rumah sakit atau puskesmas terdekat Atasi masalah - masalah kesehatan yang ada terutama gigi, varises, dsb
4. TES PSIKOLOGI
saya persiapan tes psikologi adalah belajar di buku-buku psikologi di gramedia juga buku psikologi gambar dan saya mengikuti les..tips di tes psikologi dari saya adalah ikut bimbel atau les psikologi dan banyak belajar serta jaga kesehatan
5. TES KESAMAPTAAN
Tips dari saya adalah perbanyak push up sit up dsb cari cara - cara push up sit up pull up yang benar dan cari - cara cara agar dapat memperbanyak jumlah push up dsb...Jaga kesehatan tidur yang cukup dan makan makanan bergizi
6. TES PANTUKHIR
Kalo dari saya yang penting jangan gugup, bicara santai, perluas wawasan mengenai pengetahuan umum, dan jaga kesehatan

TIPS UMUM DAN TERUTAMA DARI SAYA ADALAH
1. JANGAN PERNAH MENYERAH DAN JANGAN PERNAH MENGELUH
2. MINUM SUSU TIAP HARI
3. OLAHRAGA TIAP HARI MISALNYA JOGGING PAGI DAN SORE
4. BANYAK BELAJAR DI BUKU DAN INTERNET SERTA BANYAK BERTANYA
5. BANYAK BERTANYA KEPADA PRAJA - PRAJA ATAUPUN PURNA ATAUPUN ORANG-ORANG YANG BERPENGALAMAN
6.BANYAK BERDOA
7. ANDALKAN TUHAN DIATAS SEGALA KEKUATAN KITA DAN SADAR BAHWA KEKUATAN KITA DATANG DARI TUHAN
8. BANYAK CARI MOTIVASI BAIK DI MUSIK, GAMBAR, VIDEO, ATAU CERITA PENGALAMAN- PENGALAMAN
9.JANGAN SOMBONG ATAU EGOIS
10. JANGAN INGIN MENANG SENDIRI
11. BANTU TEMAN- TEMAN UNTUK MAJU BERSAMA
12. JANGAN BUAT DOSA LAGI YANG DAPAT MENUTUP JALAN KESUKSESAN KITA
13. BERKOMITMEN
14. SEMANGAT YANG TINGGI
15. BERJUANG
16. PERCAYA BAHWA KESUKSESAN ITU MEMBUTUHKAN KERJA KERAS, PERJUANGAN, PENGORBANAN,KERINGAT, DAN AIR MATA, SERTA DARAH, DAN DOA ORANG TUA SERTA DOA ORANG - ORANG SEKITAR
17. BANYAK MENCARI KATA - KATA MOTIVASI BERJUANG

Kata - kata yang bagus juga menurut saya adalah

TERUSLAH BERLARI KARENA KAMU TIDAK BERJUANG SEJAUH INI HANYA UNTUK BERHENTI DISINI
Mungkin cukup untuk saat ini yang ingin bertanya silahkan tanyakan di komentar dan semoga bermanfaat...semoga lulus dalam tes IPDN dan kalau ada hal - hal lain yang belum saya sampaikan nanti saya sampaikan di postingan berikutnya.. TERIMA KASIH
 

3 Response to "TIPS LULUS TES MASUK IPDN"

  1. Unknown says:

    Terima kasih kak

    Sama-sama, semoga sukses

    Aveee says:

    👍

Posting Komentar

Powered by Blogger